BEROBAT KE PENANG ATAU KUALA LUMPUR

Salam sahabat,

Masyarakat Medan dan Sumatera Utara juga kota kota lain di Indonesia banyak yang berobat atau cuma sekedar memeriksakan kondisi kesehatannya ke negri jiran Malaysia. Kota pilihan untuk berobat disana biasanya adalah Penang, Kuala Lumpur atau Melaka.

Mengapa mereka jauh jauh datang berobat kesana, bukankah di Indonesia juga banyak rumah sakit yang bagus?

Ada banyak alasan mengapa mereka lebih memilih berobat ke negara tetangga ini. Sebagian beralasan sambil wisata, yang lain lebih menekankan soal kualitas perawatan dan pelayanan. Ada juga yang bilang bahkan berobat kesana lebih murah dibanding perawatan yang sama dilakukan di Jakarta atau Medan. Kalau orang Medan, okelah, mungkin karena jarak Medan ke Malaysia memang sangat dekat dengan transpotasi yang tersedia mudah dan murah.

Bagaimana memilih rumah sakit yang tepat? Tergantung jenis penyakit dan tindakan yang akan dipilih, misalnya; untuk jantung, yang sangat dikenal adalah Adventist Hospital Penang dan Institut Jantung Negara, Kuala Lumpur. Untuk kanker, banyak orang memilih ke Hospital Pantai Mutiara Penang atau Mount Mirriam. Untuk tulang dan penyakit dalam, boleh ke Lam Wah Ee atau ke Gleneagles, untuk mata dan saraf, pilihan terbaik mungkin ke Lou Guan Lay atau ke Island hospital. Untuk Fertility boleh ke TMC fertility centre atau KLFC. Meski memang rumah sakit besar disana semua memiliki pakar di banyak jenis rawatan.

Apa yang perlu kita persiapkan sebelum kunjungan? Tentu saja harus memiliki pasport yang masa berakhirnya tidak kurang dari 3 bulan. Bawalah semua arsip medis yang pernah dilakukan sebelumnya. Tanyalah perkiraan biaya, nama pakar, kemungkinan lama kunjungan, janji temu dan penjemputan pasien dengan menghubungi representative masing masing hospital yang hendak didatangi, biasanya hampir semua rumah sakit swasta yang ada di Malaysia mempunyai agent ( di Medan dan Jakarta ) yang dapat memberikan informasi lengkap.

Penginapan untuk keluarga penunggu pasien di Penang dan Kuala Lumpur tersedia beraneka pilihan, mulai dari yang termurah (apartement mirip rumah susun), condominium, hostel, rumah tumpangan atau bahkan hotel berbintang yang harganya relatif lebih murah bila membeli voucher hotel dari travel agent di Indonesia.

Soal bahasa tak masalah, sebab hampir semua tenaga medis disana boleh berkomunikasi saling memahami dengan bahasa serumpun Melayu-Indonesia. Namun bila Anda menguasai bahasa Inggris, ini menjadi nilai tambah yang memudahkan Anda berkomunikasi tanpa jeda dengan para dokter yang lebih lancar Inggris daripada Melayu.

Wisata sambil berobat, mengapa tidak? Ada banyak tempat wisata yang tertata apik, cantik, menarik dan mudah untuk dikunjungi dengan angkutan umum yang tersedia. Aneka pilihan makanan yang memikat selera dan harganya sebanding dengan disini juga akan menambah sedikit berat badan Anda.

Selamat menikmati kunjungan berobat ke Malaysia. semoga lekas sembuh. Salam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: